Rabu, 09 Maret 2016

Metode Pourover / Drip menggunakan Kalita Wave

Kalita Wave


Bagi para penggemar metode seduh pour over dan terbisa menggunakan Hario V60 misalnya, terdapat alat baru untuk metode seduh ini, walau sebenarnya sudah berbulan diperkenalkan kepada publik di Amerika, Kalita Wave. 
Terbuat dari tiga material yakni keramik, kaca dan stainless, yang terakhir sepertinya lebih menarik dan rentan tahan pecah. 
Sayangnya untuk saat ini masih tersedia yang berbahan kaca dengan berat hanya 200 gram. 
Belum tahu harga jualnya, dan akan segera dicantumkan pada Maharaja Coffee sebagai distributornya di Indonesia.


Salah satu perbedaan mencolok dibandingkan dengan Hario yang berbentuk kerucut, Kalita Wave mengambil bentuk dasar yang bulat dengan tiga lubang sekitar 2mm yang membentuk formasi segitiga. 
Bentuk  lubang dan lingkaran dipercaya akan lebih meratakan ekstraksi sebagaimana puck pada mesin espresso.
 Saya baru bisa bilang dipercaya karena tidak punya alat ukur seperti Mojo To Go  untuk melihat berapa nilai atau yield hasil ekstraksi alat ini dibanding dengan produk lainnya. 
Tapi inovasi flat bottom yang berupa lingkaran keluaran Kalita Wave ini sudah mendapatkan sambutan di Amerika sana. 
Perbedaan terakhir terdapat pada bentuk filter kertasnya yang bergelombang dan bukan lurus sebagaimana biasanya.



Bagi yang suka dengan mumbo jumbo atau ritual pour over bisa melihat posting saya terdahulu karena semestinya tidak ada perbedaan yang signifikan. Harus saya akui, bila terburu waktu, seringkali melewati proses pre-wet, jadi langsung saja menuang seluruh air (ukuran moderat 10 gram kopi untuk 150-170 ml air). Jadi, semoga alat ini bisa mengakomodasi ketergasaan saya walau untuk itu mungkin sedikit mengorbankan hasil akhir.



Flat bottom seringkali membuat air betah berlama-lama, jadi ukuran bubuk kopi antara medium hingga coarse bisa dicoba dengan perkiraan waktu dari pre-wet hingga selesai tidak melebihi 3 atau maksimal 4 menit.

Sebagaimana yang sudah saya sebutkan, Kalita Wave untuk sementara menjadi alat termahal di antara produk sejenis terutama untuk filter kertasnya. Tapi selalu menarik untuk mencoba alat baru ini dan berkeperimen dengan hasilnya untuk mendapatkan ekstraksi maksimal sesuai selera Anda.


















Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Labels

Blogger templates