Selasa, 01 Maret 2016

Metode Immersing / Steeping

 Immersing / Steeping 

Metode Immersing/Steeping merupakan metode perendaman dalam jangka waktu tertentu. Metode ini menggelorakan rasa kopi hingga kapasitas maksimalnya karena kontak air dalam waktu yang cukup lama.
Yang merupakan metode yang masuk dalam kategori Immersing/Steeping antara lain :

French Press




Metode yang satu ini pasti sudah banyak di temui dan di gunakan di kedai-kedai kopi. French Press mempunyai nama lain Plunger atau Cafetiere. Metode French Press mengekstrak paling banyak cita rasa yang terdapat di dalam kopi bubuk dan metode ini merupakan cara kedua yang paling populer.

Tahapan dalam metode French Press :

  1. Giling biji kopi menggunakan grinder kemudian atur ukuran gilingan ke ukuran yang paling kasar.
  2. Atur rasio antara kopi dan air terlebih dahulu. Hal ini dapat anda sesuaikan dengan selera anda. Saya menyarankan anda untuk menggunakan timbangan digital karena dengan menggunakan timbangan digital anda akan dapat melakukan riset terhadap rasio mana yang pas dengan selera anda.
  3. Masukan bubuk kopi yang telah anda giling tadi ke dalam tabung. Namun sebaiknya anda menyiram tabung dengan air panas terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk memastikan tabung anda benar-benar terbebas dari debu atau bekas bubuk kopi sisa penggunaan anda sebelumnya yang dapat merusak citarasa minuman anda nantinya.
  4. Tuangkan air panas kedalam tabung. Suhu yang ideal untuk metode french press adalah 90-95 °C. Jadi pastikan pula anda memiliki termoter untuk mengetahui suhu air anda.                                                                                                                                                                                    
                                     
  5. Setelah air di tuangkan, aduk-aduk kopi selama 30 detik. Setelah mengaduk, tutup tabung kemudian diamkan selama 4 menit.                                                                                                                                  
                                                                                                               
  6. Setelah 4 menit berlalu, tekan plunger secara perlahan. Apabila anda merasa lebih berat ketika menekan plunger, berarti ukuran bubuk kopi anda masih terlalu halus.                                                                                                                                                                                      
                                                                                                               
  7. Setelah filer plunger telah sampai di dasar tabung, artinya pekerjaan anda telah selesai. Sekarang, anda hanya tinggal menikmati minuman kopi.                                                                                                                     


Aero Press



Bukan hanya tampilannya yang terlihat futuristik dan ramah, Aeropress juga adalah cara termudah untuk membuat kopi. Tidak heran jika Aeropress merupakan salah satu manual brewer terpopuler di dunia, termasuk di Indonesia. Tidak heran juga jika kompetisi meracik kopi khusus menggunakan alat ini—bernama World Aeropress Championship—rutin digelar sejak tahun 2008 lalu. Pesertanya pun kian semarak dari tahun ke tahun, bukan hanya bule-bule dari Negara Barat, tapi juga wajah-wajah Asia yang terlihat makin familiar di kompetisi dua tahun terakhir.

Di Amerika dan negara-negara Skandinavia  Aeropress cukup populer. Berbagai kompetisi Aeropress tingkat dunia sudah sering diselenggarakan untuk memilih peserta terbaik yang bisa menyajikan minuman kopi dalam durasi waktu 8 menit. Anda juga dapat mencoba-coba Aeropress untuk mengeksplorasi rasa kopi yang dihasilkan dengan cara merubah-rubah seperti tingkat halus-kasar kopi, suhu air, steeping, stirring, durasi atau waktu saat menekan plunger.

Satu hal yang paling menonjol bila dibandingkan dengan teknik menyeduh kopi seperti french press atau pour over adalah temperatur air. Aeropress sangat menyarankan untuk menggunakan suhu 80 derajat celsius dengan alasan agar ekstraksi kopi lebih smooth dan clean. Alasan lainnya, suhu yang lebih rendah dan waktu brewing yang lebih singkat akan mengurangi tingkat keasaman dari kopi.

Aeropress memiliki dua bagian penting yaitu tabung yang terdiri dari chamber dan plunger. Chamber adalah tempat untuk melakukan brewing dimana pada bagian dasarnya terdapat filter yang akan menyaring ampas kopi. Tabung yang satu lagi dinamai plunger karena berfungsi untuk menekan kopi melalui filter. Selain itu, Aeropress menyertakan stirrer, 350pcs filter kertas beserta tempatnya, sendok kopi, dan sebuah funnel. Instalasi alat Aeropress tidaklah rumit, dan cara penggunaan yang cukup mudah.

Tahap-tahap penyajian kopi menggunakan menggunakan AeroPress adalah sebagai berikut :



1. Pasang kertas filter atau dapat menggunakan Able Disk-Standart Coffee Filter
    for AeroPress / Able Disk-Fine Coffee Filter for AeroPress pada Filter Cap.





 2. Tutup atau gabungkan kembali Filter Cap pada Chamber.



  
3. Tuangkan bubuk kopi yang telah digiling halus sekitar 18 gram. 
    Lalu tuangkan air panas dengan suhu 80 derajat celsius disarankan sampai
    level 2 agar kopi yang dihasilkan cukup pekat atau jika dirasa terlalu pekat
    anda dapat menambahkan air sampai level 4 dan aduk sekitar 10 detik
    menggunakan stirrer.


 
4. Tekan perlahan plunger hingga kebawah.



5. Kopi sudah siap di nikmati, anda dapat juga menambahkan es batu, gula, 
    susu, dll sesuai selera ke cangkir kopi anda.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Labels

Blogger templates